Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul PKP Informatika Berbasis Zonasi untuk Tingkat SMA/MA Tahun 2019/2020



Dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, di kampus, di perkantoran, di bidang usaha pertokoan, dan sebagainya kita sering dihadapkan pada tuntutan tugas-tugas sekolah, kampus, pekerjaan di perkantoran berupa laporan tabel dan analisis data, keuangan dan pekerjaan yang menggunakan visualisasi data yang lebih kompleks.

Tuntutan visualisasi data dari beragam koleksi data dalam jumlah besar membutuhkan pengelolaan yang kontinyu, dengan berbagai metode pengumpulan data dan aspek privasinya. Materi Visualisasi Data ini merujuk pada Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 tentang KI-KD Mata Pelajaran pada Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dimana dalam permendikbud tersebut diatur kedudukan mata pelajaran informatika pada jenjang SMA/MTsN, SMA/MAN dapat dilaksanakan melalui tatap muka.

Karena itu, pendidikanalmun membagikan Modul PKP Informatika untuk jenjang SMA/MA yang terkait dengan Kompetensi Dasar mata pelajaran Informatika jenjang SMA/MA berdasarkan permendikbud nomor 37 tahun 2018 tentang KI-KD. Kegiatan pembelajaran pada Unit Visualisasi Data ini dirancang sebagai contoh pengembangan pembelajaran yang mengintegrasikan Pembelajaran Berfikir Tingkat Tinggi (HOTs) dan menggunakan model pembelajaran berbasis problem based learning dimana peserta didik diarahkan untuk membangun konsep berdasarkan permasalahan. Langkahlangkah pembelajaran dalam kegiatan ini juga dirancang dengan mengintegrasikan penguatan karakter dan literasi. Penulis berharap dengan kehadiran Unit Visualisasi Data ini dapat dimanfaatkan guru dalam pengembangan kompetensi pembelajaran yang berorientasi pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTs) yang terintegrasi penguatan pendidikan karakter.

Silahkan Download modul peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis zonasi berikut ini :

Modul ini adalah modul peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis zonasi wilayah, jadi tidak semua modul ini di ajarkan tergantung letak dan keinginan siswa/guru yang akan di pelajari dalam hal pelajaran apa ?