Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Upload dan Maksimal KB dalam Mengunggah Berkas SKTM di Emis PIP Tahun 2019 100% Sukses


Setlah entry ajuan FUM PIP sebelum tanggal 15 Okt 2019, sesuai data CUTOFF EMIS tanggal 30 Sept 2019, adapun siswa yang berhak adalah sebagai berikut :

  • Siswa yang sudah terdata mempunyai KIP/PKH/KKS, dan belum masuk sebagai penerima Tahap 1 TA 2019
  • Siswa yang mempunyai KIP/PKH/KKS, akan tetapi belum terdata pada data setelah CUTOFF EMIS dan dianggap layak
  • menerima PIP, ajukan FUM PIP dengan mengupload SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu / Surat Keterangan Miskin) yang ditandatangani minimal oleh Kepala Desa/Kuwu.
  • Update data penghasilan orang tua (minimal kurang dari 500.000 dan max 500.000 - 1.000.000)


Sehubungan hal tersebut dimohon agar Madrasah melakukan ajuan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) yang telah di buat aplikasi yang mana aplikasi tersebut  syncronkan dengan EMIS yang updatenya data siswa dibawah tanggal 30 September 2019 maka siswa aktif yang ada di EMIS akan otomatis masuk pada aplikasi EMIS_PIP karena langsung dipadankan oleh system tertanggal 30 September 2019.

Tapi di jalan banyak menemukan permasalahan terutama dalam mengupload SKTM Siswa yang di alami teman - teman Madrasah terkait hal tersebut dan banyak siswa yang akhirnya tidak tercover kedalamnya karena banyaknya kendala yang dihadapi saat update data siswa.

Siswa yang akan di ajukan dan masuk pada daftar siswa FUM maka operator lembaga diharapkan melengkapi setiap item yang dimiliki siswa seperti : No PIP, PKH dan No. KKS dan apabila tidak punya maka cukup mengaploud SKTM (bagi pemilik kartu atau tidak).

Inilah kendalanya yaitu dalam mengupload SKTM banyak yang mengalami kegagalan walaupun sesuai dengan juknis yang ada yaitu harus menggunakan JPG, PNG atau GIF yang berukuran maksimal 200 KB.

Nah inilah solusinya apabila ingin mengupload SKTM supaya sukses 100%, baik dengan menggunakan JPG, PNG maupun GIF.

Ukuran maksmal untuk Upload SKTM maksimal sebenarnya adalah :
JPG kita buat ukuran maksimal 100 KB
PNG Kita buat ukuran maksimal 200 KB
GIF kita buat ukuran maksimal 100 KB

Adapun cara mengetahui Fail Sukses atau tidaknya adalah lihat gambar berikut :

 
Gambar : Contoh Sukses Upload SKTM Emis_PIP