Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal dan Kunci Jawaban Preetest PPG Dalam Jabatan



Mengingat tahap Pendataan calon peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPGJ) sudah berada pada penetapan lokasi dan jadwal pretest.

Informasi ini juga dapat dilihat di akun Simpatika dan juga SIM PKB di masing-masing akun guru yang sudah mendaftar dan dinyatakan lolos seleksi administrasi. Pelaksanaan pretest PPG tahun ini untuk periode pelaksanaan sertifikasi guru tahun 2018-2022 ini tidak hanya guru terundang sebagai peserta PPG namun juga peserta pretest PPG tahun lalu yang belum lulus.

Pretest merupakan persyaratan akademik pelaksanaan PPG, yaitu peserta yang ajuan pendaftarannya sudah disetujui oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) harus mengikuti seleksi akademik melalui pretest dengan dilakukan ujian secara online berbasis komputer di tempat uji kompetensi yang sudah ditetapkan oleh LPMP.

Kegiatan pretest PPG dalam Jabatan di bagi menjadi 4 sub kompetensi ujian yaitu tes potensi akademik (TPA), tes pedagogik, tes bidang studi, dan tes bakat dan minat. Dari masing masing sub kompetensi tersebut dikerjakan secara tersendiri dan waktunya juga sudah disesuaikan dengan tingkat kemampuan dari setiap mata ujian.

Adapun standar minimal untuk hasil nilai pretest PPG atau seleksi kemampuan akademik bagi calon peserta PPG sudah ditetapkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Untuk pendataan PPG dalam jaatan ditetapkan bahwa batas lulus pretest adalah nilai minimal 50 untuk program studi keahlian kompetensi atau kejuruan dan nilai 60 untuk program studi umum atau non kejuruan adapun untuk program studi Agama 65.

Oleh karena itu persiapan menghadapi pretest PPG dalam Jabatan, guru dianjurkan untuk dapat mencari soal-soal latihan pretest PPG yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Kami telah membagikan Soal latihan pretest PPG untuk mengikuti sertifikasi guru agar bias dapat mengerjakan soal preetes PPG nanti. 

Mungkin ini sebagai gambaran dan referensi pembelajaran sebelum pelaksanaan pretest PPG. Silahkan Bapak/Ibu guru yang mau dan ingin mempelajarinya dapat di unduhdisini lengkap dengan kunci jawabannya.