Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PANDUAN DAN CARA PENGGUNAAN APLIKASI E-RKAM MADRASAH TAHUN 2019




Aplikasi E-RKAM merupakan sistem informasi pengelolaan pendapatan dan belanja madrasah berbasis elektronik (online) yang digunakan untuk menyusun Rencana Kerja Anggaran Madrasah (RKAM) dimulai dari proses perencanaan anggaran sampai dengan proses penyerapan Anggaran Madrasah. Dengan penerapan yang berbasis elektronik sehingga aplikasi E-RKAM dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui perangkat keras seperti komputer, laptop dan telepon seluler (handphone). Untuk mengakses aplikasi ini dapat menggunakan perangkat lunak (browser) seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari dll. Dalam hal ini alamat yang digunakan untuk mengakses aplikasi E-RKAM yaitu http://erkasm.kerjakerja.work dan gambar berikut menampilkan halaman depan dari aplikasi E-RKAM.


Pembagian struktur pengguna (user) madrasah dalam menyusun RKAM dalam aplikasi ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu kepala madrasah dan petugas (staf) madarasah, Berdasarkan 2 jenis pembagian struktur pengguna dapat dijelaskan peran dari masing-masing pengguna berikut : 

a. Kepala Madrasah

1. Kepala madrasah memiliki peran penting dan utama dalam proses penyusunan RKAM  yang terdiri dari :

- Mengatur petugas madrasah yang ditugaskan sebagai operator input rencana belanja madrasah.
- Membuat  perencanaan  kegiatan  madrasah  dalam  1  tahun anggaran.
- Melakukan verifikasi dan validasi terhadap hasil rincian belanja kegiatan yang diinput oleh operator madrasah.
- Melakukan persetujuan terhadap nota penyerapan pendapatan dan belanja madrasah.
- Mencetak dokumen anggaran mulai dari perencanaan sampai penyerapan.

b. Petugas (Staf) Madrasah

Petugas madrasah yang dimaksud dalam aplikasi E-RKAM merupakan perpaduan unsur yang ada dimadrasah baik bendahara, guru, maupun operator yang dapat di daftarkan. Berdasarkan hal tersebut peran yang dimiliki oleh petugas madrasah adalah sebagai berikut :
- Melakukan input rincian belanja kegiatan berdasarkan rencana kegiatan yang dibuat oleh kepala madrasah.

- Melakukan pembuatan nota penyerapan apabila sudah pada waktu atau proses penyerapan belanja

untuk lebih jelasny dan mengetahui lebih dalam tentang penggunaan aplikasi E-RKAM 2019 dapat di download pnduannya DISINI

Demikianlah informasi tentang Aplikasi E-RKAM 2019 Madrasah Tahun 2019. Semoga bermanfaat, untuk Madrasah Hebat Bermartabat. Salam Tangguh Tanpa Mengeluh

Post a Comment for "PANDUAN DAN CARA PENGGUNAAN APLIKASI E-RKAM MADRASAH TAHUN 2019"