Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dan Disiapkan Sebelum UNBK Dilaksanakan

Kepada Segenap Satuan Pendidikan, Proktor dan Teknisi UNBK , dimohon untuk mulai mempersiapkan Lab komputer/ruang ujian, adapun yg perlu dipersiapkan adalah :

1. *Server Utama*, pastikan server utama dalam keadaan Fit (akan lebih baik jika Fresh Instal).

2. *Server Cadangan*, pastikan server cadangan tersedia dan dalam keadaan Fit (akan lebih baik jika Fresh Instal).

3. *Jaringan Client Menggunakan LAN (Bukan WIFI)*, pastikan jaringan client dlm keadaan baik dan semua koneksi dari client ke server atau sebaliknya lancar

4. *Koneksi Internet*, pastikan koneksi internet lancar baik saat singkronisasi maupun saat pelaksanaan, siapkan jg cadangan koneksi (modem external) jika sewaktu2 ada gangguan.

5. *VHD Fresh*, pastikan VHD yg akan digunakan adalah VHD Fresh (akan lebih baik jika dr extrak asli).

6. *HardDisk External*, persiapkan External HardDisk untuk Copy VHD Singkron dan VHD Harian.

7. *FlashDisk*, persiapkan Flashdisk untuk menampung _Folder Dump_ dari fitur Transfer Respons.

8. *UPS*, pastikan UPS bisa bertahan minimal 15 menit, agar bisa dilakukan reset login dan mematikan Virtual sesuai prosedur sehingga waktu pengerjaan siswa bs berhenti dan VHD tidak rusak.

9. *Genset*, pastikan genset tersedia khusus wilayah yang rawan pemadaman listrik, (jika mampu)

10. *Pengaturan Server dan Pengaturan Sesi diweb UNBK*, pastikan jumlah server utama dan server cadangan sdh sesuai dan pengaturan sesi juga direncanakan jangan sampai ada siswa yg salah sesi atau tertinggal.

11. *Literasi Proktor/Teknisi* pastikan proktor/teknisi melakukan literasi terhadap buku manual unbk, troubleshooting unbk dan referensi pelaksanaan unbk

12. *Kesehatan Proktor dan Teknisi*, perhatikan kesehatan masing2 agar saat pelaksanaan bisa maksimal menjalankan Tugas Negara.

*Catatan :*
_Selalu komunikasikan dg HD Kabupaten jika ada kendala apapun, jangan langsung ke HD Prov maupun Proteknas karena nantinya akan mempersulit diri sendiri (HD Prov dan Proteknas hanya akan menerima laporan dan penjelasan dr  HD Kab.)_

Pengaduan masalah dilakukan melalui TIKET BANTUAN