Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PROGRAM KERJA SUPERVISI KEPALA SEKOLAH



Sejalan dengan arah kebijakan otonomi daerah dan desentralisasi yang  ditempuh pemerintah, maka tanggug jawab pemerintah daerah semakin meningkat. Termasuk dalam manajemen pendidikan.  Dalam kerangka inilah manajemen berbasis sekolah (MBS) tampil sebagai paradigma baru pengembangan pendidikan yang berorientasi pada kebutuhan sekolah dan kebutuhan daerah masing-masing. Keberhasilan manajemen berbasis sekolah dalam rangka peningkatan kualitas mutu pendidikan akan sangat ditentukan oleh kemampuan kepala sekolah dan guru yang profesional.

Pada dasarnya guru memiliki potensi yang cukup tinggi untuk berkreasi dan meningkatkan kinerja, namun banyak faktor yang menghambat dalam proses pengembangan potensinya secara maksimal. Oleh karena itu, sangat dirasakan perlunya pembinaan yang kontinu dan berkesinambungan dengan program yang terarah dan sistemtis  terhadap para guru dn personil pendidikan di sekolah. Hal ini lebih diperlukan lagi dalam rangka mengimplementasikan paradigma pendidikan baru seperti manajemen berbasis madrasah (MBM).

Kepala sekolah selaku pemimpin sekaligus manajer di sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan yang berkesinambungan terhadap guru dan personil pendidikan, sebagai bentuk implementasi fungsi kepala sekolah sebagai supervisor. Kegiatan kunjungan (observasi KBM) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh proses admnistrasi pendidikan yang ditujukan terutama untuk mengembangkan efektifitas kinerja personalia sekolah yang berhubungan dengan tugas-tugas utama pendidikan.

Titik berat kegiatan ni adalah perbaikan dan pengembangan kinerja profesional guru dalam menangani peserta didik di lingkungan sekolah MA Al-Syarifiyah Bondan, melalui kegiatan ini diharapkan usaha pembimbingan, pengajaran dan pelatihan peserta didik juga dapat berkembang serta secara langsung dapat meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.

1.1.Landasan Hukum
Selengkapnya dapat di unduh di sini