CPNS Gagal Pasing Grade Masi Punya Harapan Jadi CPNS Yaitu Diperengkingan Untuk Ke Tahap Tes SKB



Bagi Peserta CPNS yang tidak lolos Psing Grade dalam Seleksi Kompetensi Dasar ( SKD ) pemerintah akan menerapkan system perengkingan karena sebagian besar peserta CPNS 2018 Bertumbangan dan sangat sedikit yang lolos pasin grede yaitu sekitar 3 % saja yang dapat masuk sesuai Pasing Grade yang di tentukan oleh Panselnas. Keputusan ini diambil setelah calon peserta banyak yang tidak lolos dan di hitung banyak lowongan yang kosong dan harus diisi.

Peserta CPNS berguguran karena banyak peserta tak memenuhi passing grade atau batas nilai minimal yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Sistem rangking diterapkan ialah bertujuan untuk mengisi formasi kosong imbas dari banyaknya peserta tak lolos passing grade yang elah ditentukan. Kebijakan ini diambil bagi posisi guru dan tenaga kesehatan yang kebutuhannya sangat mendesak dan tidak bias ditunda lagi.

BKN tidak berniat mengambil opsi menurunkan passing grade dikarenakan khawatir apabila pasing grade diturunkan akan mengakibatkan perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) tak berkualitas.

Dengan alasan kalau pasing grade diturunkan nanti akan dapat PNS yang jelek, guru dan tenaga kesehatan juga tidak berkualitas, tapi banyak peserta CPNS dalam tes SKD mendapatkan nilai yang tinggi tapi ada salah satu yang tidak memenuhi pasing grade inilah gunanya perengkingan yaitu untuk menjaring peserta yang tidak lulus pasing grade tapi nilainya tinggi bahkan lebih tinggi dari pada yang lolos pasing grade

Peserta seleksi yang tak lolos passing grade akan dirangking sesuai nilai yang diperoleh.
Selanjutnya akan ditentukan peserta dengan nilai tertinggi dari jumlah yang dibutuhkan meskipun tak mencapai passing grade.

Baru kita lakukan perankingan disetiap instansi. Nanti dihitung peserta yang jumlahnya tinggi - tinggi ini ada berapa orang, untuk mengisi formasi - formasi yang kosong di instansi tersebut.
Ini yang dimaksud tidak mengurangi passing grade. Artinya kita tidak menurunkan kualitas PNS-nya dan mencari peserta yang nilainya tinggi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel