Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOAL-SOAL UJIAN MADRASAH TINGKAT KA TAHUN PELAJARAN 2021/2022



Berikut ini kami bagikan Kumpulan Soal Ujian Madrasah (UM) Tingkat MI, MTs dan MA Tahun 2021 sebagai referensi pembuatan Soal Ujian Madrasah pada tahun 2022 ini. Kumpulan Soal Ujian Madrasah (UM) Tingkat MI, MTs dan MA Tahun 2021 ini sudah berdasarkan POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022. Berdasarkan POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 pada BAB IV dijelaskan bahwa : 


A. Bentuk Ujian Pada masa pandemi Covid- 19, bentuk Ujian Madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA/ MAK dapat berupa; portofolio, penugasan, praktek, tes tertulis, dan/ atau bentuk lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan. Berbagai bentuk ujian tersebut dapat dipilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk. Prinsip utama pemilihan bentuk fijian disesuaikan secara proporsional berdasarkan kebutuhan pengukuran kompetensi pada setiap mata pelajaran yang akan diujikan. 


B. Materi Ujian Materi ujian untuk mata pelajaran umum mengacu pada ktirikulum 2013 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Materi ujian untuk mata pelajaran Pendidikan Agama 1slam dan Bahasa Arab mengacu pada KMA 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. 


C. Kisi-Kisi UM Kisi-kisi UM disiisun oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah penyelenggara UM dalam bentuk SK Kepala Madrasah. Kisi-kisi UM mata pelajaran al Quran-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama RI. Kisi-kisi UM disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi ltjlusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku


D. Naskah Soal UM Naskah soal UM disusun oleh guru mata pelajaran mengacu pada kisi- kisi UM. Soal tes yang dikembangkan disesuaikan dengan bentuk ujian yang dipilih. Bila ujianndalam bentuk soal tes tertulis, dapat berupa Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, menjodohkan dan uraian. Naskah soal UM disusun oleh Guru mata pelajaran pada satuan pendidikan. Dalam hal di madrasah terdapat keterbatasan sumber daya, maka guru madrasah yang bersangkutan dapat melakukan sharing pengetahuan dengan madrasah lain pada forum KKG/ MGMP. Naskah soal tidak boleh mengandung unsur SARA, politik praktis, bertentangan dengan Pancasila, UUD 45, Bhineka Tanggal Ika dan NKRI


E. Prosedur Penyusunan Kisi-kisi dan Soal UM Kepala madrasah menetapkan Guru penyusun kisi-kisi dan soal UM. Guru rnenyusun kisi-kisi soal UM. Guru menyusun naskah soal UM rnengacu pada kisi-kisi soal UM. Validasi naskah soal UM oleh team teaching dengan pendampingan pengawas madrasah dan/ atau pada forum KKG/ MGMP. Finalisasi /Penyempurnaan naskah soal UM oleh guru mata pelajaran. Naskah soal UM diserahkan kepada panitia UM untuk digandakan dan siap digunakan ujian. F. Pengadaan Naskah Soal UM Bila ujian dilaksanakan berbasis kertas pensil (KP), penggandaan naskah soal UM beserta kelengkapannya dilakukan oleh masing- masing madrasah penyelenggara UM. Kanwil Kemenag Provinsi, Kemenag Kab / Kota, KKM, MGMP/ KKG DILARANG mengkoordinir / menghimpiun penggandaan naskah soal UM . Kumpulan Soal Ujian Madrasah Tingkat MI MTs dan MA Tahun 2021 Download Soal : Download Soal Ujian Madrasah (UM) Tingkat MI Tahun 2021 Download Soal Ujian Madrasah (UM) Tingkat MTs Tahun 2021 Download Soal Ujian Madrasah (UM) Tingkat MA Tahun 2021.


Apabila Bapak/ibu ingin mendapatkan link tentang soalu Ujian Madrasah untuk tingkat MI, MTs dan MA, Bapak Ibu bisa mendapatkannya melalui link berikut.


Download Soal Ujiian Akhir Madrasah tingkat MA Tahun Pelajaran 2021/2022, Download disini

Trimakasih atas kunjungannya semoga website ini dapat berguna dan bermanfaat bagi bapak/ibu. Semoga apa yang Bapak/ibu guru cari disini dapat ditemukan. Kami selaku admin pendidikanalmun.com sangat senang apabila ada kritik/saran untuk perkembangan keberlanjutan website ini demi kebaikan di masa depan.

Post a Comment for "SOAL-SOAL UJIAN MADRASAH TINGKAT KA TAHUN PELAJARAN 2021/2022"