Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Verifikasi dan Validasi Data Nomor Ponsel Siswa, Mahasiswa di Emis

 


Verifikasi dan Validasi Data Nomor Ponsel Siswa, Mahasiswa dan Dosen pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam merupakan mekanisme yang digunakan untuk memastikan validitas data nomor ponsel siswa madrasah, serta mahasiswa dan dosen PTKI sebagai dasar dalam penyaluran bantuan kuota data internet untuk mendukung pembelajaran jarak jauh di madrasah dan PTKI. Validitas nomor ponsel siswa madrasah, mahasiswa dan dosen PTKI perlu dipastikan oleh Kepala Madrasah dan Rektor atau Ketua PTKI sehingga bantuan kuota data internet dapat dimanfaatkan secara optimal dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) pada masa pandemi Covid-19.

Verifikasi ponsel ini bisa dilakukan pada link EMIS E-Ponsel yang sudah disiapkan oleh pihak EMIS Pusat. Untuk masuk kedalam web Verval E-Ponsel ini menggunakan Akun Emis Madrasah masing-masing. Pastikan siswa/siswi sudah masuk atau terinput semua kedalam EMIS Madrasah baik via EMIS Madrasah Online maupun Aplikasi Feeder EMIS (AFE).

Didalam web Verval E-Ponsel sudah disediakan template yang bisa digunakan untuk memudahkan admin madrasah untuk menginput dan memperbaiki data. Template bisa diunduh langsung didalam web.

Untuk dapat masuk ke Emis Verval ponsel silahkan klik link berikut http://emisdep.kemenag.go.id/e-ponsel


TEMPLATE VERVAL E-PONSEL EMIS

Dalam template yang sudah disiapkan, ada 15 kolom yang tersedia. Baik kolom yang sudah terisi otomatis, maupun kolom yang harus diisi secara manual. Rinciannya adalah:


  1. Kolom (1) - 7) sudah terisi dengan menarik data dari database EMIS dan selain nomor HP tidak boleh diedit.
  2. Kolom (8) - (10) dilengkapi dengan kode template yang dapat di download melalui menu template emis_madrasah
  3. Kolom (11) - (15) dilengkapi melalui template ini. Mohon disiapkan validasi data.
  4. Dan catatan tambahan:
  5. Jika siswa sudah memiliki nomor HP, kolom (11), (12) dan (13) wajib diisi.
  6. Jika siswa belum memiliki nomor HP, kolom (14) wajib diisi.
  7. Jika kolom (14) diisi 1 (Ya), maka kolom (15) wajib diisi.
  8. Jika kolom (14) diisi 0 (Tidak), maka kolom (15) tidak boleh diisi.
Adapun Kode untuk Pengisian Kolom 11, 12, 13, 14 dan 15 adalah sebagai berikut
Untuk teman-teman Operator Madrasah bisa mempersiapkan data yang bisa diinput di template yang  diunduh dan Verval E-Ponsel bisa dikerjakan, bisa segera diselesaikan tanpa menunggu injury time. Segera menyelesaikan isian template lalu diunggah, dan menunggu untuk di verval oleh admin.

untuk melihat contoh templete verval ponsel dapat dilihat gambar dibawah ini :

Download Template verval Ponsel dalam Fail Excel, DOWNLOAD DISINI

 Dan ada satu lagi fitur yang ada di web Verval E-Ponsel yaitu SPTJM atau Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak yang sampai saat ini masih belum terlihat bagaimana penampakannya.