Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebelum Melanjutkan ke MA, SMA atau SMK apa Perbedaan didalam Sekolah Tersebut

Perbedaan antara MA, SMA dan SMK. Kita akan membahas mengenai perbedaan antara MA, SMA dengan SMK, bagi kalian adik-adik yang bingung mencari sekolah dan bingung menentukan pilihan apakah kamu harus masuk MA, SMA atau SMK.


Apakah kalian setelah lulus SMP/MTs/Paket B/Sederajat bingung mau kemana pilih MA, SMA atau SMK. ya ini beberapa hal yang harus kamu tahu antara perbedaan ketiganya.

Perbedaan MA, SMA dan SMK :

1. Pendidikan yang diajarkan pada MA, SMA dengan SMK

Antara MA, SMA dan SMK persamaannya sama-sama menggunakan kurikulum yang berlaku jadi kurikulum yang digunakan sama. Sedang Perbedaan antara MA, SMA dan SMK adalah untuk SMK cenderung fokus pada kegiatan praktis untuk SMA cenderung kepada hal yang teoritis sedangkan untuk MA adalah Cenderung kepada hal teoritis yang mengandung ilmu-ilmu agam.

2. Perbedaan Biaya Pendidikan MA, SMA dengan SMK

Biaya sekolah di MA dan SMA lebih murah dari pada di SMK karena di SMK banyak program praktik yang harus diikuti oleh siswa dan membutuhkan biaya operasional yang lebih mahal.

3.Jenis-jenis Pilihan Jurusan MA, SMA dengan SMK

Di MA Pilihan Jurusannya ada 4 Yaitu IPA/MIPA, IPA/IIS, Bahasa dan Agama SMA pilihan jurusan ada tiga yaitu IPA/MIPA, IPA/IIS dan Bahasa untuk kalian cenderung di jurusan apa tinggal pilih salah satunya. kalau kalian suka mengenai hal-hal yang berbau ilmiah kalian bisa ke jurusan IPA, sedangkan IPS untuk hal-hal yang berbau mengenai ekonomi politik kehidupan dan lain-lain itu di IPS sedangkan di Bahasa kalian cenderung ke seperti hubungan internasional tentang gaya dan lain-lain bisa di Bahasa sedangkan Agama untuk hal-hal yang berbau kerohanian Akhlak perbuatan pengetahuan agama sejarah islam dan lain-lain.

Berbeda dengan di SMK jurusannya lebih cenderung sangat banyak kalau di SMA hanya tiga jurusan maka di SMK jurusan nya bergantung kepada apa yang ada di sekolah tersebut, jurusan tersebut mulai dari multimedia , tata boga , tata busana, penjualan , pemasaran, akuntansi , mesin kendaraan ringan atau otomotif teknologi informasi, farmasi, perhotelan, pertanian, kelautan dan lain-lain.

4. Masa Waktu pendidikan MA, SMA dengan SMK

Kalau di MA, SMA lama pendidikan itu semuanya sama yaitu 3 tahun atau 6 semester dan untuk di SMK lamanya pendidikan ada yang 3 tahun kebanyakan dan selain itu juga ada 4 tahun. Memiliki masa pendidikan 4 tahun dimungkinkan karena  adanya kegiatan praktek selama 2 semester atau 1 tahun atau disebut juga prakerin . prakerin ini juga ada pada SMK yang menganut 3 tahun atau 6 semester. Dan diwacanakan mulai tahu sekarang SMK massa pendidikannya serentak menjadi 4 tahun.

5. Bayangan Setelah Lulus MA, SMA dengan SMK

Selain itu juga untuk khusus MA atau SMA itu memang dikhususkan kepada kalian yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi seperti perguruan tinggi dan SMK itu memang dipersiapkan untuk kalian yang nanti setelah lulus dari SMK itu bisa langsung masuk kerja. Namun bukan berarti yang dari lulusan SMK tidak melanjutkan ke perguruan tinggi juga bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Inilah sedikit perbedaan antara MA, SMA dengan SMK buat kamu yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi saat ini mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat dan dapat menentukan seklahmu mau melanjutkan ke MA, SMA atau SMK.