Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOAL DAN KUNCI JAWABAN MODUL 1-6 PADAGOGIK



Tes Formatif
Pilihan Ganda: Pilih satu jawaban yang paling benar

1. Teknologi dan media berperan penting dalam proses peningkatan kualitas hidup manusia, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Teknologi dan media memiliki sumber daya besar untuk mempengaruhi pikiran dan perilaku khalayak, termasuk guru dan siswa dalam suatu proses komunikasi pendidikan. Asumsi tersebut merupakan pernyataan teoretik dari?
A. Diterminisme teknologi
B. Diterminisme ICT
C. Diterminisme teknologi dan efek media
D. Diterminisme sosial


2. Sebagai sebuah karya peradaban mutakhir, TIK berkembang pesat dalam perannya sebagai fasilitator pembelajaran. TIK pun juga bisa menjadi media itu sendiri, yang disebut sebagai?
A. Media Berbasis TIK
B. Media konvergensi
C. Multimedia
D. Media Berbasis web.


3. Mediatisasi adalah sebuah proses dinamis dalam hubungan antara keberadaan media di tengah masyarakat yang bersifat insitusional. Di sini media yang mulanya merupakan hasil temuan ilmu pengetahuan dan teknologi kemudian berkembang menjadi institusi sosial, yang kemudian juga terlibat dalam pergulatan hubungan dengan institusi sosial lainnya, termasuk dalam lembaga sekolah. Ciri utama mediatisasi dalam konteks pembelajaran adalah?
A. Media bergantung pada kebijakan lembaga sekolah dalam perannya sebagai komponen dalam pembelajaran.
B. Media tidak bersifat menentukan terhadap perilaku guru dan siswa, karena menempatkan siswa sebagai subyek aktif dalam menerima pesan media.
C. Media menjadi insitusi otonom atau indipenden terhadap lembaga sekolah dan kemudian menjadi lebih terintegrasi dengan institusi pendidikan.
D. Media terus berkembang sebagai institusi otonom dan mengancam keberadaan dan peran guru dalam proses pembelajaran.

untuk selengkapnya dapat di download di bawah ini


Terimakasih atas kunjungannya semoga website ini dapat menjadi referensi untuk Bapak/Ibu guru, bila ada yang ingin ditanyajakn silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.