Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

POS UAMBN DAN KISI-KISI MI, MTS DAN MA TAHUN 2020


sahabat warta madrasah UAMBN semakin dekat pastinya kita sudah bersiap menghadapinya, untuk membantu sahabat dalam persiapan UAMBN berikut kami berikan POS UAMBN dan Kisi-kisi UAMBN 2020.

Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada akhir satuan pendidikan melalui Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). UAMBN Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2019/2010 diatur melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Dalam rangka menyamakan persepsi dan pemahaman tentang UAMBN bagi pihak-pihak terkait, perlu disusun suatu pedoman yang memuat prinsip-prinsip umum penyelenggaraannya.


Tujuan dan Fungsi UAMBN
A.   UAMBN bertujuan mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pada satuan pendidikan, sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan secara nasional.
B.   UAMBN berfungsi sebagai:
1.    Bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah,
2.    Umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran pada MTs dan MA/MAK;
3.    Alat pengendali mutu pendidikan;
4.    Pendorong peningkatan mutu pendidikan pada MTs dan MA/MAK;
5.    Tidak sebagai penentu kelulusan.

PENGERTIAN
Dalam Prosedur Operasional Standar (POS) ini yang dimaksud dengan:
a.   Satuan Pendidikan adalah satuan pendidikan dasar dan menengah yang meliputi Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA).
b.   Jenjang Pendidikan adalah tahapan pendidikan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik, tujuan yang akan dicapai, dan kemampuan yang dikembangkan.
c.    Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional yang selanjutnya disebut UAMBN adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian standar kompetensi lulusan MTs, MA secara nasional meliputi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.
d.   Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer yang selanjutnya disebut UAMBN-BK.

Untuk mendapatkan failnya silahkan download dibawah ini :

Terimakasih atas kunjungannya semoga website ini dapat menjadi referensi untuk Bapak/Ibu guru, bila ada yang ingin ditanyajakn silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.