Cara Mengecek/ajukan NISN dengan Mudah dan Cepat



NISN ( Nomor Induk Siswa Nasional ) adalah sebuah layanan sistem untuk mengelola nomor induk siswa yang peruntukannya nasional serta langsung dikelola oleh Pusat Data dan Stastitika Kemdikbud dimana ini merupakan salah satu program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

NISN dalam penggunaannya menggunakan sistem komputerisasi online untuk mengelol nomor induk siswa dengan skala nasional yang diatur dalam Standar Pengkodean yang telah ditentukan ketentuannya. Setiap siswa yang sudah terdaftar di Sekolah/Madrasah dalam layanan NISN diberikan kode pengenal identitas siswa yang terdiri dari 10 digit nomor unik, masa berlakunya selamanya apabila siswa tersebut masih menjadi siswa/pelajar.

NISN disebut unik dikarenakan 3 nomor/digit di awal adalah tahun lahir siswa tersebut, kemudian 7 digit berikutnya merupakan kode unik yang penomorannya dilakukan secara otomatis oleh system. Penentuan serta pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut dilakukan berdasarkan masukan atau pengajuan sumber data siswa yang telah diverifikasi oleh tiap sekolah dan Dinas Pendidikan secara online. Hasil dari pemberian kode identifikasi oleh sistem NISN tersebut ditampilan secara terbuka dengan batasan tertentu lewat situs NISN.

Cara Cek NISN Siswa TK/RS, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK
Kalian bisa mengecek atau pun mencari NISN kalian dengan mudah lewat internet yaitu dengan 3 Cara :

  1. http://nisn.data.kemdikbud.go.id ( mencari NISN berdasarkan nisn dan mencari NISN dengan menggunakan nama lengkap beserta tanggal dan tempat lahir siswa )
  2. https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data?nisn=0000000000 ( Ganti 0000000000 dengan NISN Siswa yang akan dicari )
  3. http://pd.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan/pengajuanMadrasah ( Verivikasi Validasi data siswa NISN Lulusan Sebelumnya )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel