Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul-modul Mata Pelajaran Terlengkap


Fokus materi bagian ini adalah analisis SKL, KI-KD, Silabus, materi pembelajaran, model-model pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran mata pelajaran Seni Budaya.
Materi bagian ini terdiri atas 4 (empat) unit, yaitu:
Unit 1: Analisis Dokumen: SKL, KI-KD, Silabus, dan Inspirasi Pembelajaran dan Penilaian Unit ini menganalisis keterkaitan SKL, KI-KD, dan Silabus dalam kaitannya dengan penentuan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan materi pembelajaran sebagai bahan pembelajaran dan penilaian dalam rangka pencapaian Kompetensi Dasar (KD).
Unit 1 ini merupakan uraian awal untuk membahas unit-unit berikutnya.
Unit 2: Analisis Materi dalam Buku Teks Pelajaran
Unit ini membahas tentang langkah-langkah penjabaran materi pembelajaran berdasarkan hasil analisis dalam Unit 1, sehingga Bapak/Ibu guru dapat menganalisis dan merancang materi pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran (dalam KD).
Selain itu dalam unit ini dibahas bagaimana cara mengembangkan materi yang berkaitan dengan muatan lokal, materi yang dapat mendorong peserta didik untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS), dan sesuai dengan tuntutan kecakapan abad 21 (critical thinking,
creativity, communication, collaboration). Unit ini juga menganalisis materi dalam buku teks untuk mengetahui kelayakan materi.
Unit 3: Analisis Penerapan Model Pembelajaran
Unit ini membahas model-model pembelajaran dalam Kurikulum 2013 serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaran. Selanjutnya dibahas juga pemilihan pengalaman belajar yang cocok dengan karakteristik Kompetensi Dasar (KD) atau materi pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik atau kondisi kelas. Selain itu juga dibahas pemilihan pengalaman belajar yang dikaitkan dengan nilai karakter yang hendak ditanamkan.
Unit 4: Analisis Penilaian Hasil Belajar
Unit ini membahas proses penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Pembahasan mencakup: perencanaan, pelaksanaan, dan analisis hasil belajar peserta didik. Analisis hasil belajar peserta didik pada unit ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi peserta didik dalam suatu pembelajaran. Hasil penilaian pengetahuan dan keterampilan digunakan guru untuk menyusun program remedial atau pengayaan serta perbaikan proses pembelajaran berikutnya. Penilaian sikap meliputi butir butir nilai sikap yang tercantum dalam KI-1 dan KI-2 dan butir butir nilai karakter lainnya yang dicakup dalam PPK.


1. Modul Mata Pelajaran Agama Budha
2. Modul Mata Pelajaran  Agama Hindu
3. Modul Mata Pelajaran Agama Islam
4. Modul Mata Pelajaran Seni Budaya
5. Modul Mata Pelajaran Matematika versi Doc dan Matematika Versi PDF
6. Modul Mata Pelajaran Sosiologi
7. Modul Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
8. Modul Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
9. Modul Mata Pelajaran Biologi
10. Modul Mata Pelajaran Bahasa Inggris
11. Modul Mata Pelajaran Ekonomi
12. Modul Mata Pelajaran  Prakarya
13. Modul Mata Pelajaran Fisika
14. Modul Mata Pelajaran  Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
15. Modul Mata Pelajaran Antrapologi
16. Modul Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan ( PJOK )
17 Modul Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
18. Modul Mata Pelajaran Sejarah Indonesia
19. Modul Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Arab
20. Modul Mata Pelajaran Kimia
21. Modul Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Demikian Modul-modul mata pelajaran ini admin bagikan, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan acuan untuk menyusun mata pelajaran yang sempurna dan sesuai peraturan

Post a Comment for "Modul-modul Mata Pelajaran Terlengkap"