Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Bahan Penyusunan dan Macam-macam Perangkat Pembelajaran Abad 21


merancang suatu pembelajaran para  guru sebagai pendidik  harus memahami karakter murid sebagai peserta didik. Dengan mengetahui karakteristik peserta didik, maka para guru dapat merancang rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan karakter peserta didiknya. Macam-macam perangkat pembelajaran yang dapat digunakan oleh para tenaga pendidik untuk menjadi pegangan untuk mengajar dikelas, diluar kelas maupun di laboratorium antara lain sebagai berikut.

1. Silabus
Silabus merupakan suatu rincian detail tentang rencana mengajar guru yang disusun dalam kelompok tema atau mata pelajaran tertentu, Komponen dari silabus antara lain Kompetensi Inti/Standar Kompetensi (KI/SK), Kompetensi Dasar (KD), Indikator/Indikator Pencapaian Kompetensi, Materi Pembelajaran, Alokasi waktu, Penilaian, dan Sumber Belajar yang digunakan.  . Manfaat yang dihasilkan dalam pembuatan suatu silabus yaitu :
a.      Bermanfaat sebagai hal yang utama yang menjadi sumber acuan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
b.     Guru lebih mudah memetakan ragam variasi pembelajaran yang akan dituangkan ke dalam RPP.
c.      Guru lebih mudah dalam memetakan indicator-indikator pencapaian belajar yang harus dicapai oleh siswa.
d.     Guru lebih mudah dalam merancang bentuk-bentuk penilaian dari setiap indicator yang ingin dicapai.
Perangkat ini berisi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang harus dicapai, untuk mencapainya diukur berdasarkan indikator pencapaian. Silabus ibarat ringkasan dari kurikulum karena didalamnya terdapat target pencapaian, media, dan lain sebagainya.

2. RPP
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah hal wajib yang harus dipegang guru sebelum melaksanakan pembelajaran. RPP merupakan perangkat yang berisi prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu atau beberapa kompetensi dasar. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mencakup satu atau beberapa kompetensi dasar yang terdiri dari satu atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar,langkah-langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar.
RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan langkah-langkah yang harus di tempuh oleh guru dalam rangka pemberian pelayanan kepada peserta didik. Perencanaan yang dirancang mencakup model, metode, pelaksanaan, evaluasi dan instrumen penilaian.

3. Prota
Macam-macam perangkat pembelajaran berikutnya yakni program tahunan. Program tahunan ini berisi  alokasi waktu yang digunakan pada setiap mata pelajaran atau tema yang dijabarkan secara terperinci nantinya dalam program-program yang lain seperti program semester, silabus hingga rencana pelaksanaan pembelajaran harian.
Program tahunan ini dibuat agar guru mengetahui apa saja cakupan bab dalam mata pelajaran/ cakupan sub-sub tema dalam suatu tema yang harus dipelajari selama satu tahun pelajaran. Dengan guru mengetahui rincian dalam program tahunan ini, diharapkan pembelajaran yang diterapkan dapat  mencapai hasil yang maksimal setiap tahunnya.
Program tahunan atau Prota merupakan batasan materi yang harus diselesaikan dengan waktu yang tertera jelas dalam tabel program tahunan. Prota berisi distribusi materi selama satu tahun pelajaran yang terdiri dari dua semester, prota terbentuk dari program semester.
4. Promes
Seperti diketahui bahwa program semester merupakan penjabaran dari program tahunan, program semester ini dijabarkan menjadi program bulanan serta program harian. Pada program semester ini para guru membuat apa saja yang akan di ajarakan kepada para anak didik setiap hari serta dievaluasi setiap selesai satu materi yang telah dibahas.
Program semester atau promes merupakan gambaran distribusi materi selama satu semester berdasarkan SK dan KD yang telah dirumuskan dalam Standar Isi.

5. Buku Absen
Buku ini berisi daftar hadir peserta didik dan diisi setiap hari akan drekapitulasi perminggu berapa pesenkah kehadiran pada masing-masing para peserta didik maupun berapa persenkah kehadiran dari keseluruhan para peserta didik.
Buku ini berisi sejumlah nama peserta didik dalam kelas yang kita bina. Buku ini gunanya untuk mengontrol kehadiran peserta didik.

6. Buku Jurnal
Buku Jurnal mengajar sangat diperlukan bagi para pengajar untuk menjadi panduan mengajar dimana para guru dapat mengevaluasi dirinya apakah materi yang diberikan mudah dipahami dan apakah tercapai atau apa yang menjadi kekurangan, apakah pada pertemuan berikut materi hari ini bisa diberikan lagi.
Buku ini berisi beberapa catatan penilaian prilaku peserta didik selama pembelajaran dilaksanakan, mulai dari kedisiplinan, tanggung jawab, kerjasama, dan lain sebagainya.

7. Buku penilaian
Buku ini digunakan untuk menyimpan data-data hasil evaluasi terhadap peserta didik.

8. Bundel portofolio
Portofolio merupakan kumpulan dari berbagai tugas yang diberikan guru kepada para siswanya,  hasil dari tugas ini dievaluasi dan hasilnya dibicarakan kepada orangtua sebagai bahan evaluasi siswa. Portofolio  dapat dilihat secara fisik, yang dinilai secara objective serta untuk bahan evaluasi yang positif.
Tugas-tugas yang dikerjakan oleh siswa di kumpul jadi satu bundel, biasanya digabung perkelas bahkan per individu. Gunanya untuk mengetahui perkembangan kompetensi peserta didik, perubahan peserta didik terhadap penerimaan materi yang disampaikan dapat diukur sehingga memudahkan guru menentukan model dan metode yang akan diberikan. Melalui bundel ini, seorang guru dapat menyimpulkan keberhasilan pembelajaran dikelasnya.

9. Bank Soal
Bank soal merupakan dari beberapa soal dari berbagai sumber entah itu dari tes-tes sebelumnya atau dari buku-buku yang berisikan soal-soal pilihan, bank soal berisikan soal-soal bermutu yang dikumpulkan menjadi ajuan bagi peserta test. Bank soal bisa hanya terdiri dari satu mata pelajaran atau kumpulan dari berbagai mata pelajran.
Ini adalah buku yang berisi kumpulan dari sejumlah soal yang akan diberikan kepada peserta didik.

10. Media
Media pembelajaran adalah alat bantu yang bisa merangsang pikiran dan perasaan siswa sehingga lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan. Hal ini akan mendorong tercapainya hasil belajar yang maksimal dengan dukungan  penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran banyak sekali contohnya, guru dapat mengembangkannya sekreatif mungkin. Guru bisa memanfaatkan media pembelajaran interaktifyang banyak macamnya, dan juga bisa memanfaatkan media berdasarkan mata pelajarannya, seperti media pembelajaran matematika, media pembelajaran ipa, dll.
Dalam menyajikan pelajaran, media menjadi faktor penentuk keberhasilan pembelajaran. Tentang media, dibutuhkan inovasi dan kreativitas guru untuk menentukan media-media yang diperlukan dalam kaitannya dengan pokok bahasan yang diberikan.

11. Daftar Laporan Penilaian
Dalam suatu kegiatan belajar mengajar dibutuhkan suatu laporan hasil yang dicapai oleh para siswa dan hasilnya dalam bentuk daftar laporan penilaian. Laporan penilaian digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang telah diberikan. Daftar laporan ini berisi data siswa serta nilai-nilai yang dicapai apakah sudah memenuhi  kriteria Kelulusan Minimal (KKM). Jika dalam penilaian harian ada siswa yang nilainya masih di bawah KKM, maka bisa diadakan kegiatan remidial.

12. Lembar Kerja Siswa
Lembar Kerja Siswa diberikan para guru kepada siswanya agar guru dapat melihat apakah materi yang diajarkan sudah dapat diserap dan diterima baik oleh siswa. LKS dapat berupa buku atau kertas lembaran yang dikerjakan siswa.

13. Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan wajib dimiliki guru setiap awal tahun pembelajaran (umumnya disebut tahun ajaran baru). Tahun pembelajaran pada  satuan pendidikan yang meliputi hari-hari efektif pembelajaran serta waktu libur pendidikan dan maupun libur nasional. Dalam kalender pendidikan memuat tanggal penilaian tengah semester, penilaian akhir semester hingga penilaian akhir sekolah maupun Ujian Nasional, kalender ini dijadikan dasar untuk merancang pembelajaran mulai dari program tahunan, program semester, silabus hingga RPP.

14. Instrumen Penilaian Sikap
Instrumen penilaian sikap adalah berupa buku rekap penilaian sikap siswa selama pembelajaran berlangsung. Buku ini hampir mirip dengan buku jurnal harian guru, hanya saja isiannya adalah tentang sikap-sikap yang menonjol yang ditunjukkan para siswa di hari itu. Apakah semua siswa harus tertulis setiap harinya? Tidak. Cukup yang menonjol sikapnya di hari itu saja, baik itu sikap yang baik maupun yang kurang baik. Nantinya instrumen penilaian sikap ini digunakan guru sebagai acuan dalam memberi nilai sikap setiap anak di laporan hasil belajar siswa (rapor) pada kurikulum 2013.

15. Buku Materi Ajar
Buku ini merupakan penunjang para peserta didik untuk mempelajari hal-hal yang telah diberikan para guru disusun dengan cermat agar mudah dipahami, dalam buku ini dibuat berdasrkan tingkat pendidikan juaga kelas serta mata pelajaran.