TATA CARA PENDAFTARAN DAN CONTOH SOAL TES CPNS 2018

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil 
Meliputi:
·         Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
·         Pancasila; 
·         Undang-Undang Dasar 1945;
·         Bhineka Tunggal Ika; dan 
·         Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem Tata Negara Indonesia, sejarah  perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional  maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar).

2. Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai:
·           Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan  maupun tulis; 
·           Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angkaangka; 
·    Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan 
3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai:
·           Integritas diri; 
·           Semangat berprestasi; 
·           Kreativitas dan inovasi; 
·           Orientasi pada pelayanan; 
·           Orientasi kepada orang lain; 
·           Kemampuan beradaptasi; 
·           Kemampuan mengendalikan diri;
·           Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas; 
·           Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan; 
·           Kemampuan bekerja sama dalam kelompok; dan 
·           Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Berbagi Soal-Soal Tes CPNS
Semoga Bermanfaat untuk Kita Semuanya MATERI SELEKSI CPNS CPNS 2018, Pendaftaran CPNS 2018, Penerimaan CPNS 2018, Pengumuman CPNS 2018, Persyaratan Pendaftaran CPNS 2018, Soal CPNS 2018, Daftar CPNS, Info CPNS

 Downlod Contoh Soal dan Pembahasannya di bawah ini 


Soal Wawasan Kebangsaan I Download
Soal Tes Wawasan Kebangsaan II Download
Soal Tes Wawasan Kebangsaan III Download



TATA CARA PENDAFTARAN CPNS
Proses seleksi CPNS dilakukan melalui Mekanisme Seleksi CPNS Terintegrasi yaitu seluruh proses seleksi CPNS 2018 akan dilakukan melalui satu link yaitu SSCN. tu berarti calon peserta CPNS 2018 hanya dapat mendaftar melalui link https://www.sscn.bkn.go.id. Berikut cara mendaftar penerimaan CPNS 2018 melalui link SSCN:
1.      Melakukan log in menggunakan NIK Pada tahap awal
Calon peserta CPNS 2018 diwajibkan untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK wajib dicantumkan saat calon peserta hendak melakukan log in di laman https://www.sscn.bkn.go.id Sistem akan mengecek kevalidan NIK calon peserta.
2.      Mendapatkan bukti daftar akun
Untuk calon peserta yang telah dinyataman valid akan mendapat bukti daftar akun. Bukti daftar akun digunakan untuk mendaftar posisi yang akan dilamar di instansi yang bersangkutan. Calon peserta tetap melakukan pendaftaran melalui link https://www.sscn.bkn.go.id.
3.      Menyertakan dokumen persyaratan CPNS dalam bentuk pdf
Calon peserta wajib mengunggah dokumen menggunakan format pdf. Dokumen yang kemungkinan perlu dipersiapkan yaitu ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir, surat keterangan akreditasi dari BAN PT, SKCK, surat lamaran, pas foto terbaru, Kartu Keluarga dan KTP.
4.      Cetak kartu peserta
Setelah semua berkas terverifikasi oleh sistem, instansi dapat mencetak kartu peserta. Calon peserta pun akan mendapatkan kartu peserta untuk melaksanakan ujian. Kartu tersebut dapat disimpan dalam penypanan ponsel mauoun dicetak untuk dibawa saat akan melaksanakan ujian.
Materi seleksi CPNS 2018, Pendaftaran CPNS 2018, Penerimaan CPNS 2018, Pengumuman CPNS 2018, Persyaratan Pendaftaran CPNS 2018, Soal CPNS 2018, Daftar CPNS, Info CPNS Kapan Pengumuman Pendaftaran CPNS 2018 Oh yah, yang tak kalah penting adalah kapan pengumuman pendaftaran CPNS 2018?
Pengumuman pendaftaran telah disampaikan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka pada tanggal 19 September 2018.
So, bagi anda yang ingin lulus CPNS tahun ini, silahkan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Silahkan download contoh soal-soal CPNS dan pembahasannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel