Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemutakhiran Data Emis Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019



Pemutakhiran data EMIS semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 adalah untuk mengupdate data terbaru yang harus dilakukan oleh Madrasa dalam perkembangan Madrasah baik itu mengenai perkembangan lembagaan, siswa dan GTK itu semua perlu diperbaharui sesuai kondisi yang ada dan benar saat ini agar pelaporan datanya valid dan akurat.
EMIS pada semester yang lalu pada menu siswa aktif masih bisa diedit data siswanya seperti Nama Siswa, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir tapi untuk pengeditan siswa pada semester ganjil ini sudah tidak bisa merubah atsu edit data pada ketiga poin di atas sesuai pemberitahuan yang di tulis pada menu tersebut yakni edit data hanya bisa bilakukan pada semester lalu, jadi untuk pemutakhiran data EMIS semester ganjil tahun ini sudah tidak bisa melakukan edit data siswa tanpa kecuali.
Maka dari itu untuk menjaga kesalahan data maka kita selaku operator madrasah harus benar-benar mempersiapkan data secara matang sesuai dokumen resmi yang dimiliki berupa ijazah jenjang sebelumnya. Contohnya untuk jenjang RA dan MI bisa menggunakan akte kelahiran sedangkan untuk jenjang MTs dan MA menggunakan ijazah jenjang sebelumnya untuk dijadikan dasar  keabsahan data siswa dan kita juga perlu ekstra hati-hati agar tidak ada kesalahan data yang kita input.

Adapun peraturan baru Pemutakhiran data EMIS semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019  adalah sebagai berikut :

1. System tidak menerima perbaikan Nama, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir.

2. Uploud data siswa baru dengan menggunakan aplikasi exel file CSV untuk siswa yang berasal dari Sekolah Negeri seperti TK/SD/SMP.

3. Mutasi siswa masuk berasal dari RA/Madrasah harus disetujui oleh Kabupaten/Kota

Maka pemutakhiran data EMIS online semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dibuka kita perlu mempersiapkan berkas-berkas berupa dokumen data siswa dan yang lainnya untuk meminimalisir kesalahan dalam menginput data dan yang sangat penting ialah kita juga mempersiapkan mulai saat ini kesehatan kita agar pada saat pemutakhiran data EMIS dibuka keadaan kita dalam keadaan fresh dan bisa meminimalisir kesalahan untuk data valid madrasah hebat madrasah bermartabat.