Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

APLIKASI CAT BKN PANDUAN DAN CONTOH SOAL SELEKSI CPNS 2018




Dari sekian banyak ujian CPNS salah satu seleksi ujiannya adalah dengan menggunakan sistem CAT BKN. Oleh Karena itu penting untuk mengerti dan mengetahui cara kerja dari Aplikasi CAT BKN tersebut. Adapun Petunjuk Cara Menggunakan Aplikasi CAT BKN Seleksi CPNS sebagai berikut.

Petunjuk Khusus pengoperasian Computer Assisted Test (CAT)

Baca Juga :   Formasi Dan Kuota CPNS 2018 Prov. Banten dan Jawa Barat Tahun 2018

Sistem CAT ini didesain semudah mungkin, untuk mempermudah bagi peserta dalam mengoperasikannya. Karena CAT BKN ini hanya tinggal mengklik jawaban yang dianggap benar dan simpan serta lanjut saja.
Sebelum masuk halaman log in kita persiapkan dulu user id dan passwordnya, isikan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor ujian peserta dan Isi PIN saat registrasi serta PIN saat di ruangan.

Kemudian kita klik tombol login, maka akan tampil halaman selanjutnya yaitu, data peserta. Periksa dulu data Anda terutama nomor peserta dan nama peserta udah benar apa belum.
Untuk data-data yang lain jika terdapat kesalahan di update dulu datanya. Jika data peserta sudah sesuai silakan klik mulai ujian, Sedang Jika data peserta tidak sesuai silakan klik batal ujian. Masuk lagi dengan mengklik login lagi, setelah masuk kita klik mulai ujian dan tampil halaman soal.
Soal ujian berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban yaitu a, b, c, d, dan e. Untuk menjawab soal arahkan kursor pada pilihan jawabanyang di anggap benar yaitu di huruf a, b, c, d, atau e.
Kalau sudah yakin dengan jawaban anda kita klik simpan dan lanjut, namun jika jawabannya masi ragu-ragu kita lewati aja jawaban tersebut dengan mengklik soal nomor berikutnya, apabila soal sudah habis dari nomor 1 sampai 100, maka soal akan kembali lagi ke nomor 1, kita lihat pada bagian atas halaman, maka akan tampil sebuah nomor peserta, nama peserta, batas waktu, jumlah soal, soal dijawab dan soal belum dijawab. Disamping kanan akan tampil beberapa kotak yang menerangkan nomor soal untuk dilihat dan apabila kotak berwarna merah artinya soal belum dijawab serta yang hijau berarti soal sudah selesai dijawab.

Untuk soal peserta dapat mengubah jawaban dari jawaban a ke jawaban b, misalkan peserta akan mengubah jawaban soal nomor 9. Langkahnya ialah sebagai berikut. Tinggal klik kotak nomor 9, maka soal akan muncul nomor 9 setelah itu peserta dapat merubah jawaban, lalu klik simpan dan lanjutkan.
Ingat meskipun sudah diganti jawabannya, akantepi kalau tidak mengeklik simpan dan lanjutkan, maka jawaban juga tidak akan tersimpan artinya jawaban masih seperti awalnya. Bila peserta sudah menyeleselesaikan menjawab seluruh soal dan merasa yakin, padahal masih memiliki waktu. Silahkan klik selesai ujian, dan akan tampil pesan apakah Anda ingin mengakhiri ujian ini ?
Jika dijawab iya, makan Anda akan dinyatakan selesai mengikuti ujian dan akan mncul halaman skor, bila anda jawab tidak, maka akan kembali ke halaman soal, dengan catatan waktu masih ada.
Itulah Petunjuk Cara Menggunakan Aplikasi CAT BKN Seleksi CPNS dengan mudah.

Contoh Soal-soal CPNS

Dan di bawah ini ada kumpulan soal tes cpns yang dapat Anda download.

1. Soal TKD Tes Intelegensi Umum ( TIU ) Download

2. Soal TKD TKP Tes Karakteristik Pribadi ( TKP ) Download

3. Soal TKD Tes Wawasan Kebangsaan ( TWK )  Dowbload

4. Soal Tes CPNS Tata Negara Download

5. Soal Tes CPNS Falsafah dan Idieologi Download

6. Soal Tes CPNS Sejarah Nasional Indonesia Download

7. Soal Tes CPNS Pengetahuan Umum Download

8. Soal Tes CPNS Bahasa Inggris Download

9. Soal Tes CPNS Antonim (Lawan Kata) Download

10. Soal Tes CPNS Padanan Kata Download dan Download

11. Soal Tes CPNS Fisikotes Menggambar Download

12. Soal Tes CPNS Bakat Skolastik Download

13. Soal Tes CPNS Fisikotes Aritmatik Download

14. Soal Tes CPNS Logika Angka Download

15. Soal Tes CPNS Logika Formil Download

16. Soal CPNS Materi dari contoh no 1 - 15 diatas ( Lengkap Berikut Pembahasannya ) Download

Demikian informasi tentang Petunjuk Cara Menggunakan Aplikasi CAT BKN Seleksi CPNS dan Contoh Soal CPNS 2018.