Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alur Pendaftaran CPNS 2018 Pengisian Formasi dan Ukuran Dokumen yang DIupload






Hallo sobat Calon Pelamar CPNS 2018, kami akan mengulas pendaftaran CPNS 2018 setelah tahap pertama telah berhasil di daftarkan di akun https://sscn.bkn.go.id.  Disin kita ke pendaftarah tahap ke-2 yaitu kita harus lebih hati-hati lagi karena inilah pendaftaran yang sesungguhnya dalam memilih tempat lokasi, formasi dan ijazah kita, jangan sampai salah dalam menulisnya. Langsung saja yah ke langkah pertama.
1.      Kita klik Login ke Portal SSCN
Untuk mengklik login berada di sebelah kanan layar kita Setelah pelamar berhasil daftar di tahap pertama. Kalau setelah tahap pertama kita langsung mendaftar ke tahap kedua kita langsung saja klik tombol Lanjutkan Login Pendaftaran di samping kanan Cetak Informasi Pendaftaran.
 2.      Masukkan NIK dan Password
Masukkan NIK dan Password yang anda daftarkan di tahap pertama pendaftaran, setelah di isi NIK dan Paswwordnya silahkan klik Masuk, lihat gambar di bawah ini.




3.      Upload Foto Selfie
Foto Selfie ukuran maksimalnya 200 KB dengan Format jpeg/jpg yang calon pendaftar selfie sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun yang telah dibuat pada tahap pertama tadi. Setelah itu pelamar bias mencetak kembali Kartu Informasi Akun pada tombol Cetak Ulang Kartu Informasi akun dengan syarat pelamar telah menggunggah foto selfienya.




4.      Pengisian Biodata Pelamar
Untuk pengisian biodata calon pelamar CPNS 2018 harus melengkapi alamat domisili yang saat ini berada seperti : Provinsi, Kabupaten/Kota, NO HP, Tinggi Badan Setatus Perkawinan, Agama Akun Medsos. Untuk memperjelas lihat contoh gambar berikut :




5.      Pengisian Formasi
Pengisian formasi disini kita harus benar-benar yakin dalam memilih formasinya karena hanya dapat memilih 1 (satu) kali dan tidak bias dirubah lagi. Langsung saja kita pilih Instansi dan Jenis Formasi kita yang akan kita pilih untuk menjadi calon pelamar CPNS 2018. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.




6.      Format Isian Formasi
Di menu forat isian formasi calon pelamar masih bias dan dapat merubah instansi dan jenis formasinya kalau masi belum yakin dengan mengklik ulang. Disini hanya instansi yang telah dibuka pendaftarannya yang tampil dalam format ini, kalau di cari tidak ada instansinya kita batalkan lagi pendaftarannya tunggu instansi yang kita pilih buka.
  
a.       Pilih Instansi
b.      Pilih Jenis Formasi
c.       Pilih pendidikan sesuai dengan ijazah
d.      Pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikan yang dipilih
e.       Pilih Lokasi Formasi
f.       Pilih Lokasi Test apabila instansi memberikan kewenangan pelamar untuk memilih Lokasi Test
g.      Isi nilai IPK menggunakan tanda titik (.) dan dua digit dibelakang koma atau nilai ijazah untuk lulusan SMA sederajat
h.      Pilih Jenis Skor Bahasa dan Nilainya, apabila instansi mensyaratkan
j.        Isi Nomor Ijazah
k.      Isi Tahun Lulus
l.        Pilih Jenis Perguruan Tinggi
m.    Isi Tanggal Ijazah
n.      Ketik nama Universitas atau sekolah, kemudian pilih (autocomplete)
o.      Ketik nama Universitas atau sekolah sesuai dengan ijazah
p.      Ketik nama program studi, kemudian pilih (autocomplete)
q.      Pilih Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi untuk perguruan tinggi. Sedangkan untuk pelamar SLTA sederajat, akreditasi dapat dipilih Lainnya
r.        Isi kode captcha sesuai dengan gambar yang tampil
s.       Klik lanjut




7.      Unggah Dokumen
Unggah atau upload dokumen yang di persyaratkan oleh instansi yang calon pelamar minati untuk upload dokumen yang disyaratkan. Untuk tipe dokumen dan ukuran yang dapat diunggah ke system maksimal ukuran dan jenis filenya sebagai berikut :
-          KTP                             : 200 KB / jpeg/jpg
-          Pass Foto                     : 200 KB / jpeg/jpg
-          Ijazah                          : 700 KB / Pdf
-          Transkip Nilai              : 500 KB / Pdf
-          Surat Lamaran             : 300 KB / Pdf
-          Dokumen Lain            : 700 KB / Pdf




8.      Resume Pendaftaran SSCN
Resume Pendaftaran SSCN akan tampil apabila calon pelamar telah melengkapi dokumen, calon pelamar harap membaca dan mengecek kembali data yang sudah diisi, jika ada yang salah pelamar dapat kembali ke format sebelumnya dengan mengklik sebelum dan perbaiki data yang salah tadi.

Jika calon pelamar merasa sudah tidak ada lagi perubahan maka ceklislah dibagian yang telah disediakan dan langsung klik Akhiri dan Proses Pendaftaran. Kalau sudah klik Akhiri dan Proses Pendaftaran berarti pelamar bersedia menanggung akibat hokum apabila data tidak sesuai dengan dokumen yang dipunyanya.




9.      Notifikasi data
Notifikasi data tidak akan dirubah ini hanya peringatan untuk calon pelamar apakah sudah yakin atau belum dalam menentukan Instansi dan Jenis formasi yang dipilihnya. Karena apabila kita klik ya berarti data tidak bias dirubah kembali.





10.  Cetak Kertu Pendaftaran
Cetak kartu pendaftaran CPNS 2018 tinggal calon pelamar klik CETAK KARTU PENDAFTARAN SSCN 2018.




11.  Riwayat Pendaftaran
Riwayat pendaftaran adalah riwayat kita dalam melakukan pendaftaran CPNS akan ditampilkan disini.




12.  Kirim Dokumen Pendaftaran
Dokumen Pendaftaran yang dikirim oleh pelamar dilihat statusnya di dalam menu Riwayat  Pendaftaran. Adapun nanti tertera setatus dokumen yang kita kirim seperti status proses administrasi pelamar. Bagi pelamar yang lulus seleksi administrasi tombol cetak Kartu Ujian akan tampil.

Baca juga :
Panduan cara login Mengisi Aplikasi Raport Digital, Tahapan pengisiannya serta Username dan Passwordnya
Aplikasi Raport Digital ( ARD ) Cara Masuk serta Paswoord dan User Name
Aplikasi Raport MI, MTs dan MA Kurikulum 2013

Aplikasi Ujian Lengkap Jadwal dan pengawas Semester Otomatis