Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FR UJIAN CPNS YANG SUDAH MELAKSANAKAN TES SKD BESERTA JAWABANNYA


1 

Ilmu yang mempelajari masyarakat lampau disebut
Jawab : Arkeologi
Agresi Militer Belanda II
Jawab:
Agresi Militer Belanda II atau yang dikenal dengan Operasi Gagak merupakan peristiwa penyerbuan secara militer yang dilakukan oleh pasukan militer Kerajaan Belanda pada tanggal 19 Desember 1948 terhadap wilayah Republik Indonesia dan ibu kota Yogyakarta. Serta epenangkapan Soekarno, Mohammad Hatta, Sjahrir dan beberapa tokoh lainnya. Jatuhnya ibu kota negara ini menyebabkan dibentuknya Pemerintah Darurat Republik Indonesia di Sumatra yang dipimpin oleh Sjafruddin Prawiranegara.

Pada hari pertama Agresi Militer Belanda II, mereka menerjunkan pasukannya di Pangkalan Udara Maguwo dan dari sana menuju ke Ibu kota RI di Yogyakarta. Kabinet mengadakan sidang kilat. Dalam sidang itu diambil keputusan bahwa pimpinan negara tetap tinggal dalam kota agar dekat dengan Komisi Tiga Negara (KTN)

Latar Belakang Agresi Militer II
Pada dasarnya Agresi Militer II dilatarbelakangi karena kegagalan PBB dalam menyelesaikan konflik antara Belanda dan Indonesia melalui jalan perundingan. Belanda tetap bersikeras untuk menguasai Indonesia.sebenernya sebelum agresi militer 2 sudaj disepakati perjanjian renville namun ternyata belanda menghianati perjanjian tersebut.

Kronologi
Jendral Spoor yang telah berbulan bulan mempersiapkan rencana pemusnahan TNI memberikan instruksi kepada seluruh tentara Belanda di Jawa dan sumatera untuk memulai penyerangan terhadapkubu indoneisa operasi tersebut dinamakan Operasi Kraai

Pernyataan tersebut diantaranya
Jika belanda masih saja melakukan tindakan militer terhadap bangsa indonesia, Amerik Serikat akan menghentikan segala bantuan yang diberikan pemerintah pada pemerintah belanda

Mendorong Belanda untuk menarik pasukanya berada di belakang garis status quo renville
Mendorong dibebaskan pimpinan indonesia
Mendesak agar belanda dibuka kembali sebuah perundingan yang jujur berdasarkan perjanjian renville

Pasal dalam UUD 1945 tentang HAM
Jawab :
Isi Pasal 27 dan 28 Tentang Hak Asasi Manusia
Selengkapnya dapat didownload dibawah ini

Karakteristik Pribadi CPNS, Download Disini

Terimakasih atas kuncungannya, kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar.