Renungan Pejuang NIP dan P3K 2019

Ada yang begitu berharap lulus tes CPNS ternyata gak lulus, yang cuma iseng-iseng ikut malah lulus.
Ada yang udah berulangkali ikut tes CPNS sampe usia hampir mendekati batas akhir persyaratan gak lulus juga, yang belum lama wisuda sekali tes langsung lulus. Ada yang waktu sekolah ranking terus sampe kuliah pun dapet predikat cumlaude begitu tes CPNS gak lulus, ada yg dari nilai sekolahnya biasa-biasa aja sampe kuliahpun IPK cuma pas-pasan malah lulus. 

Ada yang udah seneng memenuhi passing grade SKD endingnya gak lulus, yang udah putus harapan gak memenuhi PG SKD ujung2nya malah lulus. Ada orang yang begitu membutuhkan pekerjaan gak lulus, yg gak butuh-butuh amat kerjaan malah lulus. 


Ada yang belajar mati2an sampe borong buku persiapan tes CPNS gak lulus, yang cuma modal belajar sama mbah gugel malah lulus. Ada yang terus2an berdoa di tiap sepertiga malam terakhir gak lulus, yang berdoa seadanyanya malah lulus

Renungan Pejuang NIP dan PPPK 2019

Ini membuktikan bahwa keberhasilan tidak selamanya berbanding lurus dengan kecerdasan, kebutuhan atau kerja keras, semua bergantung pada ketetapan Allah Azza wa Jalla.

Lalu apakah Allah tidak adil? Allah maha adil, semua yang Allah tetapkan adalah yang terbaik bagi hambanya. Setiap kesulitan ada hikmahnya, mungkin tidak terasa secara langsung , bisa jadi hikmah tersebut baru disadari beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian.

وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu.” (QS. Al-Baqarah : 216)
Jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah, bisa jadi dengan ketidakberhasilan ini membuka jalan rezeki dari pintu lain yang lebih besar dan berkah. Bisa jadi pula ini menghindarkan diri dari berbagai kemudharatan yang mengancam setiap PNS, yaitu terbukanya peluang untuk korupsi, memakan harta syubhat dan jeratan riba. 

Bagi yang sukses juga ini menjadi pembelajaran agar tidak mudah ujub, mengklaim bahwa ia lulus karena mengandalkan kecerdasan atau usahanya, keduanya hanyalah sebab, semua rizki hanya berasal dari Allah. Jangan sampai kita bersikap seperti Qorun yang mengklaim semua kesuksesan yang diraihnya karena ilmu yang ia miliki, hingga akhirnya Allah pun menenggelamkan ia beserta seluruh kekayaannya.

Kesulitan adalah ujian, kemudahan juga ujian. Faktanya, banyak orang yang lulus ketika diuji dengan kesulitan, namun banyak orang yang gagal ketika ia diuji dengan kemudahan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel