Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menuju Pretes Ppg Dalam Jabatan Kementrian Agama



Pelaksanaan PPG adalah cara menyeleksi guru dalam bidang kompetensi para guru baik itu yang masih calon guru atau pun guru yang sudah mengajar. Adapun syarat bisa mengikuti PPG adalah harus lolos ujian pretest PPG yang diadakan setiap tahun oleh pemerintah.

Ujian pretest PPG untuk mengetahui kemampuan guru apakah guru tersebut kompeten atau tidak, Setelah lulus pretest masih banyak tahapan-tahapan yang harus dilewati dan dilalui untuk bisa mengikuti PPG. Oleh karena itu disini kami akan mengulas tentang tips pretest PPG yang mungkin bisa Anda lakukan.

Tips dan trik mengikuti ujian PPG dalam Jabatan supaya lulus.

Salah satu yang penting sebelum mendafatkan sertifikat sertifikasi kita dihadapan terlebih dahulu dengan Pretest PPG adalah tes yang penting bagi guru dan calon guru di Indonesia, untuk mengetahui kompetensi seorang guru. Melihat pentingnya tujuan pretest PPG, maka Anda perlu melakukan persiapan yang matang mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaan. Berikut tips pretest PPG yang akan berguna bagi persiapan Anda :

Cari Informasi-Informasi Tentang Pretest PPG Dalam Jabatan Yang Akan Diadakan

Dapatkan informasi undangan PPG yang akan diadakan pada tahun ini, Anda bisa mendapatkan info dari kemenag dan atau simpatika. Setelah mendapatkan informasi pendaftaran lihat lah apa Anda sudah memenuhi syarat untuk mengikuti pretest PPG tahun ini? Karena ada persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa ikut pretest ini.

Daftarkan Diri Anda Pada website Simpatika

Anda yang sudah mendapat undangan sebagai calon peserta sertifikasi guru diharuskan mendaftarkan diri melalui simpatika. Kunjungi link kunjungi link simpatika masing-masing , lalu login dan mulai lakukan pendaftaran jika Anda memenuhi persyaratan yang ditampilkan pada laman. Isikan semua data yang dibutuhkan dengan benar sesuai dokumen yang Anda miliki. Sebelum Anda klik mendaftar, periksa kembali data yang sudah Anda isikan dengan cermat, jika sudah benar Anda bisa klik mendaftar.

Persiapkan Diri Anda Dengan Mempelajari Kisi-Kisi Soal Pretest PPG

Setelah proses pendaftaran selesai dan data Anda terverifikasi, sekarang saatnya Anda melakukan persiapan materi. Anda bisa mempelajari kisi-kisi atau contoh soal PPG tahun sebelumnya sebagai bahan acuan belajar Anda. Juga bisa mempelajari soal UKG (ujian kompetensi guru) karena biasanya soal PPG tidak jauh-jauh bentuknya dengan soal UKG. Semakin banyak Anda mengerjakan latihan soal, akan semakin lancar dan cepat Anda dalam mengerjakan sebuah soal.

Istirahat Cukup Untuk Menghadapi Hari “H”

Sehari sebelum pretest hendaknya Anda istirahat dengan cukup, tidurlah lebih awal agar besok tidak mengantuk saat mengerjakan soal. Lakukan persiapan beberapa jam sebelum jadwal tes, agar tidak terjadi keterlambatan sampai di tempat ujian. Sarapan dulu sebelum berangkat ke tempat ujian, agar tidak lapar dan bisa konsentrasi mengerjakan soal. Jangan lupa minta doa orang tua sebelum berangkat.

Pahami Cara Mengerjakan Soal Pretest PPG, Yang Dijelaskan Pada Juknis

Sebelum mengerjakan soal, pasti panitia akan membacakan bagaimana cara mengerjakan soal dan mengisi jawaban di komputer. Baca baik-baik juknis yang diberikan kepada Anda, agar Anda bisa memahami isinya, dan jika ada yang tidak paham makan tanyakan kepada panitia. Setelah paham dengan juknisnya, saat panitia sudah mengatakan boleh mulai mengerjakan soal, maka kerjakan soal di hadapan Anda.

Kerjakan Soal Dengan Cermat, Dari Yang Mudah Terlebih Dahulu

Kerjakan soal dengan cermat dari yang Anda anggap mudah terlebih dahulu untuk menghemat waktu. Jika Anda menemukan soal yang sulit dan tidak menemukan jawabannya, maka tinggalkan, jangan lama-lama terpaku pada soal tersebut. Jika ada waktu maka ulangi kerjakan soal tersebut, jika masih tidak menemukan jawabannya maka pilihlah jawaban yang paling mendekati.

Periksa Kembali Dengan Teliti Hasil Jawaban Anda Pada 10 Menit Terakhir

Disekitar 10 menit terakhir, sempatkan diri untuk meneliti kembali lembar jawaban Anda. Teliti mulai dari identitas, hingga jawaban soal Anda, yang Anda hitamkan apa sudah sesuai dengan jawaban Anda.


Post a Comment for "Tips Menuju Pretes Ppg Dalam Jabatan Kementrian Agama"