Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Login Aplikasi BIOUN 2019 dan Upload Data Peserta UN



Berikut ini adalah cara login pendataan peserta ujian pada aplikasi online BIO UN Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk login BIO UN 2019 SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK caranya tidak jauh beda dari tahun tahun sebelumnya, namun yang sangat penting untuk saat ini adalah bagaimana kita bisa meminimalisir kekeliruan atau kesalahan penulisan nama tanggal lahir dan seterusnya agar data yang dihasilkan sesuai dengan harapan atau dalam istilah pendataan sebagai mana motto FOPPSI adalah "Data Tepat dan Akurat". untuk itu mari kita simak sejenak prosesi pendataan peserta ujian tahun pelajaran 2018/2019 pada aplikasi BIO UN.

Baca Juga :


Sebelum mulai melakukan pendataan terlebih dahulu Bapak/Ibu/Saudara memeriksa kembali data calon peserta ujian melalui aplikasi dapodik. Pastikan bahwa data yang tertera dalam dapodik sudah sesuai dengan data faktualnya artinya sudah sesuai dengan data berkas fisik yang ada. Nah mari kita ikuti prosesinya sebagai berikut :


Silahkan Bapak/Ibu/Saudara OPS Login ke Manajemen PDUN hanya dengan 4 langkah silahkan mulai klik http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ Kemudian masukkan email Dapodik Bapak/Ibu/Saudara kata sandi/paswood akun dapodik dan masukkan kode Registrasi Dapodik Sekolah lalu klik Login maka akan muncul seperti gambar diabawah ini : 

Cara login BIO UN 2019 SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK – Penyelenggaraan Ujian Nasional tahun pelajaran 2018/2019 sudah mendekati jadwal pelaksanaan. Ujian Nasional pada tahun ini menggunakan dua sistem yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). Diperkirakan untuk pelaksanaan UNBK persentasenya lebih banyak dibandingkan tahun pelajaran 2018/2019.

Sebelum pelaksanaan UN untuk sekolah penyelenggara terlebih dahulu mendaftarkan peserta didiknya sebagai calon peserta ujian melalui BIO UN 2019 untuk jenjang SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK. BIO UN 2019 SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK di rilis oleh KEMDIKBUD (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) melalui Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan.

BIO UN merupakan sebuah sistem aplikasi yang didalamnya berisi tentang Biodata Peserta Ujian Nasional. Dengan aplikasi BIO UN ini mempermudah dalam pendataan dan memverifikasi peserta UN 2019.

Bagi rekan – rekan yang belum melakukan pendaftaran peserta didik sebagai peserta Ujian Nasional di BIO UN 2019, berikut ini Cara login BIO UN 2019 SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK dan cara upload data calon Peserta UN .


Cara login BIO UN 2019 SMP/MTs SMA/MA dan SMK/MAK

1. Silahkan rekan-rekan kunjungi website resmi BIOUN 2019 SMP/MTs melalu link http://biounsmp.kemdikbud.go.id/ atau klik DISINI

2. BIOUN 2019 SMA/MA dan SMK/MAK melalu link http://biounsmama.kemdikbud.go.id/bioun2019

2. Setelah berhasil login masukan user/nama pengguna, kata kunci dan kode keamanan. User/nama pengguna dan kata kunci yang digunakan untuk login BIO UN 2019 diperoleh dari KKDatadik dinas pendidikan provinsi atau dinas pendidikan Kab/Kota setempat.

4. Pilih tombol masuk

Cara Upload Data Calon Peserta UN melalui BIO UN 2019

Setelah rekan-rekan berhasil login di BIO UN 2019, langkah berikutnya adalah mengupload data calon peserta Ujian Nasional (UN) berikut penjelasannya.

1. Untuk data peserta UN silahkan unduh file excel di website http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ atau klik DISINI. Login menggunakan akun yang terdapat di dapodik kemudian cek kebenaran datasebagai berikut :

a. Nama siswa
b. Tempat tgl lahir siswa
c. Nama orang tua
d. No peserta UN jenjang sebelumnya
e. No seri ijazah
f. No seri SKHUN

Catatan: 
Pada point d, e, f bisa di edit di aplikasi dapodik
Untuk point a, b, c lakukan perbaikan data peserta didik di vervalpd.data.kemdikbud.go.id, jika ada kesalahan.

2. Apabila data peserta Ujian Nasional sudah benar silahkan unduh file dz di website http://pdun.data.kemdikbud.go.id/,

3. Upload file dz di web

Cara Mengisi Mata Ujian Mapel Pilihan di BIO UN 2018 SMA/MA dan SMK/MAK

1. Pertama klik data siswa
2. Kemudian klik edit per field
3. Pilih jurusan yang akan diisi
4. Pilih urutan paralel yang sudah ditetapkan di PDUN
5. Centang pada kode mata uji tes
6. Klik edit
7. Selanjutnya pilih mata pelajaran pilihan pada kode mata uji tes
8. Kemudian pilih simpan

Perhatikan pada poin 4 (Pilih urutan paralel yang sudah ditetapkan di PDUN) PDUN merupakan laman data KEMDIKBUD, untuk cara login PDUN dan cek calon peserta Ujian Nasional 2019 selengkapnya silahkan baca cara login manajemen PDUN untuk pendataan calon peserta UN 2019.

Demikian cara login BIO UN 2019 SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.