Tips Menjawab Soal Tes CPNS Tahun 2018


Tips dari menjawab soal ujian SKD.
Dalam ujian SKD yg terpaling penting itu manajemen waktu, 100 soal dikerjakan dalam waktu 90 menit, artinya 1 soal diberikan waktu kurang dari 1 menit.


Aturan pengerjaan:
- Kerjakanlah soal TKP terlebih dahulu dan jangan berlama2 di item ini. Soal TKP ada di nomor 66-100. Pilihlah jawaban yg paling baik, intinya jawaban harus mencerminkan sikap rela berkorban demi bangsa n negara n mengkesampingkan kepentingan pribadi. Passing grade TKP 143, artinya rekan2 harus benar menjawab 29 soal dgn point 5. Untuk tahun ini TKP saya dengar sedikit lebih sulit dan diatas soalnya tidak ada clue/petunjuk/tema soal sprti tahun2 sebelumnya. Tapi saya yakin soal2nya tidak akan melenceng dr 16 item sesuai kisi2 Permenpan RB. Jadi rekan2 harus tahu soalnya itu masuknya ke item mana, apakah integritas, profesional dll. Ingat jangan berlama2 mengerjakan TKP dan memang dibutuhkan kemampuan membaca cepat.


-Selanjutnya kerjakan soal Tes Wawasan Kebangsaan yg jumlah 35 soal. TWK ada dinomor 1-35. Materi yg wajib dikuasai: hafal mati UUD 1945 (setidaknya tau setiap makna yg terkandung setiap pasal), sejarah kemerdekaan RI secara runtut, kerajaan2 yg pernah ada di Indonesia, aturan konstitusi, pengamalan Pancasila dalam kehidupan, dan bahasa Indonesia. Jika ketemu soal bhsa indonesia dgn wacana2 yg panjang, baca dulu soalnya baru cari jawabannya. Passing grade TWK 75, artinya rekan2 harus pastikan minimal benar menjawab 15 soal dr 35 soal.

-Selanjutnya kerjakan soal Tes Intelegensi Umum (TIU). TIU ada dinomor 36-65. Untuk TIU ini sendiri, rekan2 dapat berlatih soal2 tes potensi akademik, bnyak berlatih deret hitung, sinonim, antonim, rumus2 singkat matematika dasar, jarak kecepatan, perbandingan umur, dll. Soal figural (gambar) sprti pencerminan dll, silogisme, urutan letak. Jika ketemu soal silogisme/menarik kesimpulan, usahakan kesimpulannya tak keluar dr pernyataan/premis yg diberikan. Passing grade TIU 80, artinya rekan2 harus benar menjawab minimal 16 soal dr 30 soal.

Usahakan luangkan waktu 5-10 menit, untuk memeriksa kembali jawaban2 anda. Jika anda ragu atau memang tidak tahu sama sekali jawaban dr suatu soal, skip/lewati saja, jangan pernah penasaran dgn jawaban suatu soal. Maksimalkan akal dan hati nurani anda untuk mnjawab soal2 yg memang anda buntu/tidak tahu jawabannya, ikuti "kata hati" anda dalam menjawabnya.

Dalam memulai menjawab soal usahakan pikiran tetap tenang, jangan pernah panik, dan berdo'alah sblum menjawab soal mintalah kepada Allah agar diberikan kemudahan dalam menjawab soal2 SKD. Luruskan kembali niat anda untk mengikuti tes cpns ini, minta do'a restu orangtua agar diberi kemudahan dalam mengikuti tes cpns ini.

Itulah sedikit tips yg bisa ane berikan, terutama yg belum ujian SKD, Semoga bermanfaat ya..
Note: Tips ini saya gunakan waktu ujian SKD tahun 2017, dan Alhamdulilah Allah menakdirkan saya lulus CPNS waktu itu. Bagi yg sudah ujian SKD dan lulus PG persiapkan diri anda utk mengikuti tes SKB, bagi yg belum lulus PG tetap semangat, semoga masih ada kesempatan di waktu2 selanjutnya, bahkan ada orang yang sampai 5 kali ikut tes cpns, baru bisa lulus, jadi tetap semangat jangan pernah putus asa. Buat yg belum ikut ujian SKD persiapkan diri anda sebaik mungkin, dan tips2 ane diatas boleh diterapkan...
Good luck ya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel