Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

APLIKASI DIFERENSIAL

APLIKASI DIFERENSIAL
Hasil gambar untuk diferensial
Asal Usul Diferensial
Diferensial  merupakan ilmu cabang dari kalkulus. Kalkulus (Bahasa Latin: calculus, artinya "batu kecil", yang digunakan untuk menghitung) adalah cabang ilmu matematika yang mencakup limitturunanintegral, dan deret tak terhingga. Kalkulus adalah ilmu mengenai perubahan, sebagaimana geometri adalah ilmu mengenai bentuk danaljabar adalah ilmu mengenai pengerjaan untuk memecahkan persamaan serta aplikasinya. Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang sainsekonomi, dan teknik; serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan aljabar elementer.

     Kalkulus memiliki dua cabang utama, kalkulus diferensial dan kalkulus integral yang saling berhubungan melaluiteorema dasar kalkulus. Pelajaran kalkulus adalah pintu gerbang menuju pelajaran matematika lainnya yang lebih tinggi yang khusus mempelajari fungsi dan limit, yang secara umum dinamakan analisis matematika.

Persamaan diferensial adalah suatu persamaan yang memuat turunan fungsi. Berdasarkan jumlah variabel bebasnya persamaan diferensial dibagi menjadi dua yaitu persamaan diferensial biasa dan persamaan diferensial parsial. Jika persamaan tersebut hanya mempunyai satu variabel bebas disebut persamaan diferensial biasa dan jika persamaan tersebut mempunyai lebih dari satu variabel 

  Download